KELAS 5D

TEMATIK 4

Minggu, 24 Februari 2019

RINGKASAN MATERI TEMA 7

      Setelah mencair, mentega dapat kembali menjadi padat jika didinginkan, saat didinginkan air melepaskan kalor sehingga dapat berubah wujud, peristiwa tersebut disebut membeku. Perubahan wujud benda dipengaruhi oleh kalor, contoh perubahan wujud benda secara mengkristal adalah uap air menjadi salju, pembuatan es kering dari karbondioksida. Peristiwa menyublim adalah perubahan wujud zat dari padat ke gas. Apa yang dialami air saat direbus? Menguap, Apakah terjadi pelepasan atau penyerapan kalor? Penyerapan kalor. Perubahan wujud zat dari gas ke cair adalah mengembun, perubahan wujud zat daric air ke gas adalah menguap.

   
      Unsur kebudayaan adalah bahasa, kesenian, kepercayaan. Tidak membeda-bedakan teman pada saat tugas kelompok membuat mading. Merupakan contoh kerukunan dilingkungan sekolah. Sikap yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia adalah saling menghargai perbedaan dan keberagaman. Manfaat dari pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, antara lain keadaan menjadi damai dan rukun karena masyarakat saling menghargai dan menghormati. Contoh penerapan berjiwa besar dalam lingkungan sekolah adalah mengakui kesalahan dan berjanji tidak mengulanginya lagi. Tidak berputus asa dan bangkit kembali dari kegagalan adalah contoh penerapan jiwa gigih. Menghormati pendapat teman pada saat musyawarah, merupakan bentuk pengamalan sila ke 4. Suku Gayo, suku Batak, suku Melayu adalah suku bangsa yang berasal dari pulau Sumatera. 3 contoh sikap yang dapat dilakukan untuk menjaga kerukunan dalam keberagaman di sekolah adalah saling menghormati sesama teman, bekerjasama dalam membuat mading, bekerjasama dalam piket kelas.
    
      Potensi Indonesia yang menarik bangsa asing singgah kemudian menjajah adalah rempah-rempah. Organisasi dagang yang dibentuk oleh Belanda untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah dan pelayaran kapal di Indonesia yang akhir dibubarkan pada tahun 1799 karena mengalami kebangkrutan dan korupsi.  Organisasi dagang tersebut bernama VOC. Nama-nama tokoh yang melakukan perlawanan terhadap Belanda di Aceh adalah Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Panglima Polim. Pada awal tahun 1945 Jepang mulai mengalami kekalahan, akhir menjanjikan kemerdekan untuk Indonesia.  Badan yang dibentuk Jepang dalam rangka menyelidiki kebutuhan untuk membentuk sebuah Negara.  Badan yang diketuai oleh Rajiman Wediodiningrat bernama BPUPKI. PPKI menetapkan mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara tanggal 18 Agusutus 1945. Salah satu tokoh nasional yang terlibat dalam pertempuran 10 November 1945 adalah Bung Tomo. Perlawanan masyarakat Jawa Tengah terhadap Belanda dipimpinan oleh Isdiman dan Sudirman. Jumlah provinsi yang dibentuk pada awal kemerdekaan adalah 8 Provinsi, sedangkan jumlah menteri 12 orang. Perlawanan melawan belanda di Yogyakarta dipimpin oleh Pangeran Diponegoro, di Sumatera Barat adalah Tuanku Imam Bonjol, di Aceh adalah Teuku Umar, di Kalimantan Pangeran Antasari, di Maluku adalah Kapitan Patimura, di Makasar Sultan Hasanudin. 

3 komentar:

Dokumentasi

Dokumentasi
Dokumentasi Sekolah : Program Pemanggilan Profesi