KELAS 5D

TEMATIK 4

Minggu, 05 November 2017

Ringkasan Tema 4

Pantun

Pantun adalah seni merangkai kata, pantun adalah salah satu bentuk puisi Indonesia (Melayu).
Ciri-ciri pantun:
Bersajak a-b-a-b.
terdiri atas empat baris dalam satu bait.
setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.
terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran (baris 1 dan 2)  dan isi (baris 3 dan 4).











Jenis-jenis pantun
1. Pantun jenakan yaitu pantun yang isinya lelucon yang menggelitik.Lalu pantun nasehat adalah jenis pantun yang berisi nasehat petuah.Kemudian pantun cinta adalah jenis pantun yang berisi pesan-pesan cinta. Pantun agama adalah jenis pantun yang berisi tentang pesan spiritual keagamaan.
Ada juga jenis pantun yang unik, yakni pentun yang berisi teka-teki sehingga yang mendengarnya perlu menjawab teka-teki tersebut.

Pantun Jenaka

Berenang jauh para ikan                Nemu gelang di pekarangan

Mereka bebas hatinya senang      Tapi gelang sudah karatan

Badan kurus kurang makan           Siapa nyampah sembarangan

Kalau ditiup goyang-goyang          Pasti pacarnya orang utan 



IPA

Organ Peredaran Darah pada Manusia dan Fungsinya

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, di dalam darah terdapat oksigen dan zat makanan yang diperlukan untuk metaolisme tubuh, metabolism adalah segala proses pembentukan dan penguraian zat di dalam tubuh. Darah yang dipompa oleh jantung juga membawa hasil metabolisme seperti karbon dioksida untuk dibuang ke luar tubuh.
Sistem peredaran darah adalah mengalirnya darah yang dipompa oleh jantung. Sistem peredaran manusia tersusun atas jantung, pembuluh darah dan darah. Pembuluh darah terdiri dari 3 jenis yaitu :
1. Arteri, pembuluh darah yang dialiri darah dari jantung ke seluruh tubuh dan paru-paru.
2. Kapiler, pembuluh darah yang dialiri darah dari sel-sel tubuh.
3. Vena, pembuluh darah yang dialiri daah dai seluruh tubuh dan paru-paru menuju kembali ke jantung.
Perbedaan pembuluh darah arteri dengan vena
NO
ARTERI
VENA
1.
Terletak di bagian dalam tubuh
Terletak dekat permukaan tubuh
2.
Dinding pembuluh tebal, kuat, elastis
Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis
3.
Aliran darah berasal dari jantung
Aliran darah menuju jantung
4.
Denyut terasa (seirama denyut jantung)
Denyut tidak terasa

Peredaran dara besar adalah darah yang mengalir dari jantung keseluruh tubuh , lalu kembali ke jantung. (bilik kiri – aorta- kapiler seluruh tubuh – vena atas dan bawah – serambi kanan)
Peredaran darah kecil adalah darah yang mengalir dari jantung ke paru-paru lalu kembali ke jantung (Bilik kanan – arteri paru-paru – paru-paru – vena paru-paru – serambi kiri)
Darah
Darah tersusun dari plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah tersusun dari air dan zat-zat terlarut. Sel-sel darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).
Plasma darah berfungsi mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh, sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sel darah putih berfungsi membasmi kuman yang masuk ke dalam tubuh, sedangkan keping darah berfungsi menutup luka.
Organ Peredaran Darah Hewan dan Fungsinya
Organ peredaran darah pada hewan tersusun dari jantung dan pembuluh darah, peredaran darah pada hewan dibagi menjadi dua yaitu peredaran darah terbuka dan tertutup.
Pada peredaran darah terbuka darah tidak selalu berada dalam pembuluh darah dan tekanan aliran darahnya lebih lambat, pada peredarah darah tertutup, darah selalu berada dalam pembuluh darah dan tekanan aliran darahnya cepat.
Sistem  peredaran darah pada hewan:
1.   Serangga, memiliki peredaran darah terbuka. Darah (diesbut Hemolimfa) mengisi seluruh rongga tubuh dan berfungsi mengedarkan zat makanan, namun tidak dapat mengangkut oksigen, serangga juga memiliki jantung dan pembuluh darah, struktur jantung pada serangga masih sederhana sehingga disebut jantung pembuluh.
2.   Cacing, memiliki peredaran darah tertutup. Cacing memiliki pembuluh darah dan jantung pembuluh. Jantung cacing memompa darah dari jantung ke pembuluh darah bagian atas, lalu ke bagian bawah, lalu ke seluruh tubuh.
3.   Ikan, memiliki peredaran darah tertutup. Jantung ikan memiliki dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik, bilik memompa darah kea rah insang untuk mengambil oksigen lalu diedarkan ke seluruh tubuh. Serambi kemudian menerima CO2 dari seluruh tubuh.
4.   Ampibi, memiliki sistem  peredaran darah tertutup. Jantung ampibi memiliki tiga ruang yaitu dua serambi dan satu bilik.
5.  Reptilia, burung dan mamalia, memiliki peredaran darah tertutup. Jantungnya memiliki empat ruang yaitu dua serambi dan dua bilik 



Manfaat Peredaran Darah Lancar

Sistem peredaran darah yang lancer sangat penting, karena jika tidak lancer dapat menimubulkan penyakit, berikut ini manfaat peredaran darah yang lancer bagi tubuh kita adalah:

1.   Akan selalu sehat (jika peredaran darah lancer, pasokan oksigen dan zat makanan ke organ tubuh lancar sehingga fungsinya berjalan baik.

2.   Bebas dari penyakit jantung dan stroke (pasokan oksigen dan zat makanan ke jantung dan otak terpenuhi sehingga organ ini bekerja dengan baik.
3.   Paru-paru menjadi lebih sehat (jika paru-paru mendapatkan oksigen dan zat makanan yang cukup, maka paru-paru akan bekerja dengan baik.
Menjaga organ-organ peredaran darah sangatlah penting agar terjaga kesehatan tubuh dengan cara:
a.   Makan makanan yang bergizi seimbang
b. Olahraga teratur
c.   Istirahat yang cukup.
Gangguan Kesehatan pada Jantung dan Pembuluh Darah Manusia
Jika salah satu organ peredaran darah mengalami gangguan, maka gangguan kesehatan dapat terjadi pada jantung, pembuluh darah atau darah. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan pada sistem peredarah darah.
1.   Jantung coroner
ditandai degan adanya penyumbatan pada pembuluh darah oleh berbagai macam zat, misalnya lemak dan zat kapur. Penyumbatan ini mengakibatkan aliran darah ke jantungterhambat, sehingga jantung tidak dapat bekerja dengan baik. Gejala yang ditimbulkan adalah sesak napas, nyeri pada bagian tertentu dan cepat lelah.
2.   Hipertensi dan Hipotensi
      Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan keadaan ketika tekanan darah di dalam pembuluh darah arteri meningkat dengan tekanan darah lebih dari  120 / 80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tekanan darah saat jantung berkonraksi, dan angka 80 saat berelaksasi. Faktor yang dapat menyebabkan hipertensi adalah usia lanjut, gaya hidup tidak sehat, jarang berolahraga dan stress.
      Sementara hipotensi (tekanan darah rendah) merupakan kondisi ketika tekanan darah di dalam pembuluh arteri menurun yaitu lebih rendah dari 90 / 60 mmHg, factor yang menyebabkan hipotensi adalah factor usia, kondisi cuaca, dan efek samping dari obat-obatan.
3.   Varises
      Ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit berwarna keunguan, hal tersebut disebabkan adanya gangguan pada pembuluh darah vena dalam mengalirkan darah, juga ditandai dengan gejala pegal-pegal, rasa panas dan perih serta lelah di bagian tungkai. Penyebab varises antara lain keturunan dan terlalu lama berdiri dan duduk bersila terus-menerus.

Gangguan Kesehatan pada Darah Manusia
1.   Anemia
      Adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan antara lain pendarahan yang hebat, kekurangan zat besi dan gangguan pembuatan sel darah merah pdada tulang. Gejala yang ditimbulkan antara lain mudah cepat lelah, lemas, sakit kepala dan wajah terlihat pucat. Anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi contoh nya bayam, telur, kacang-kacangan, ikan dan daging sapi.
2.   Leukemia
                Penyakit ini merupakan kondisi ketika jumlah sel darah putih lebih banyak dari sel darah merah, yang disebabkan produksi sel darah putih berlebihan pada sumsum tulang, sel dara putih akan memakan sel darah merah sehingga tubuh kekurangan sel darah merah. 


Organ peredaran darah serangga











Organ peredaran darah cacing




















Organ peredaran darah ikan














Peredaran darah ampibi




















Peredaran darah mamalia















Download Materi 

5 komentar:

Dokumentasi

Dokumentasi
Dokumentasi Sekolah : Program Pemanggilan Profesi