KELAS 5D

TEMATIK 4

Selasa, 16 Oktober 2018

Ringkasan Tema 3

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk orang supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan, Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa seperti koran majalah atau tempat-tempat umum.
Kata iklan berasal dari bahasa Yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan ide atau gagasan.

barang dan/atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.
Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
Contoh media cetak : Koran, majalah, tabloid
Contoh media elektronik : televise, internet

Perbedaan iklan media cetak dan media elektronik
- Iklan tertulis
- Bisa disimpan dan dibaca kapan saja
- Persuasi menyentuh rasio/ pikiran
- Bahasa yang digunakan formal
- Kalimat dapat panjang dan terperinci


B. CIRI-CIRI IKLAN
  • Komunikatif
  • Informatif
  • Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
  • Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
C. SYARAT IKLAN
  • Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  • Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  • Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  • Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  • Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.
D. MANFAAT IKLAN
Seperti yang kita tahu, iklan sangat berperan dalam aktivitas bisnis. Adapun manfaat iklan yaitu :
  • Produk menjadi lebih terkenal di mata masyarakat
  • Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis dapat melonjak naik karena produk dipromosikan
E. JENIS-JENIS IKLAN MENURUT PARA AHLI
Menurut Bitner, iklan ada 2 jenis yaitu :
  • Iklan standar, adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan produk atau barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
  • Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang sifatnya non profit dan berupaya memperoleh keuntungan sosial di dalam masyarakat.
F. JENIS-JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIANYA
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik ini dapat berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain sebagainya.
Wujudnya iklan cetak ini antara lain koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas space atau ukuran koran, majalah dan tabloid memiliki 3 wujud iklan, yaitu :
  • Iklan baris biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.
  • Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
  • Iklan display memiliki ukuran lebih lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.
2. Iklan Elektronik
Iklan elektronik, adalah iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa :
a.) Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik yang hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau efek suara alam.
b.) Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik inilah yang membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan. Berdasarkan wujudnya.
c.) Iklan Film
Iklan film wujudnya produk film/cinema. Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live action yang tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar (promo ad).
d.) Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
  • Website : iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
  • Banner dan tombol : banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Sementara itu, button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
  • Sponsorship : iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
  • Classified ads : iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
  • E-mail advertising : iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui. 
1. Organ pencernaan pada serangga
 
 a. mulut  b.esofagus  c. tembolok  d. empedal  e. empedal  f. usus  g. anus

- Makanan masuk dan dikunyah oleh mulut, kemudian masuk ke tembolok yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Makanan yang disimpan lalu masuk ke empedal (lambung pengunyah), untuk dilumat dan dihancurkan. setelah hancur makanan masuk ke lambung untuk dicerna oleh enzim, lalu masuk ke usus untuk diserap. Sisa-sisa makanan kemudian dibuang melalui anus.


2. Organ pencernaan pada ruminansia (hewan memamah biak)
 a. mulut  b. retikulum  c. omasum  d. abomasum  e. rumen  f. usus halus

Hewan ruminanasia atau sering disebut juga hewan pemamah biak yaitu sekelompok hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mempunyai dua proses pencernaan makanan. Pertama dengan mengunyak makanan yang sudah dicerna di dalam perutnya kemudian di keluarkan lagi untuk di makan kembali pada proses pencernaan yang kedua. Hal ini memungkinkan hewan ruminanasia dapat mendaatkan sari-sari makanan yang dapat memberikan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ruminansia. Selai itu hewan ruminansia dibantu mikroorganisme dalam perutnya dalam proses pencernaan.

Pengeluaran kembalai makanan yang telah dicerna sebagian yang disebut cad. keluar dari rumen dan mengunyahnya untuk kedua kalinya disebut cudding. Hewan ruminansia memiliki lambung degan beberapa ruangan. Hewan ruminanasia termasuk dalam subordo Ruminansia dan ordonya adalah artiodaktil atau berkuku belah. Hewan ruminansia memiliki empat lambung, yaitu (rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Selain itu hewan ruminansia juga memamah makanan yang telah dicerna, maka dari itu hewan ruminansia juga disebut hewan pemamah biak. Contoh hewan ruminansia adalah sapi, domba, kambing dan rusa.

3.  Organ pencernaan pada ikan
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus  e. anus

4. Organ pencernaan pada katak dan reptilia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. kloaka

5. Organ pencernaan pada burung
 a. mulut  b. kerongkongan  c. tembolok  d. lambung  d. empedal  e. usus  f. kloaka

6. Organ pencernaan pada mamalia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. anus
 



7 komentar:

Dokumentasi

Dokumentasi
Dokumentasi Sekolah : Program Pemanggilan Profesi