KELAS 5D

TEMATIK 4

Selasa, 17 Oktober 2017

ORGAN-ORGAN PENCERNAAN HEWAN DAN FUNGSINYA

1. Organ pencernaan pada serangga
 a. mulut  b.esofagus  c. tembolok  d. empedal  e. empedal  f. usus  g. anus
- Makanan masuk dan dikunyah oleh mulut, kemudian masuk ke tembolok yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Makanan yang disimpan lalu masuk ke empedal (lambung pengunyah), untuk dilumat dan dihancurkan. setelah hancur makanan masuk ke lambung untuk dicerna oleh enzim, lalu masuk ke usus untuk diserap. Sisa-sisa makanan kemudian dibuang melalui anus.


2. Organ pencernaan pada ruminansia (hewan memamah biak)
 a. mulut  b. retikulum  c. omasum  d. abomasum  e. rumen  f. usus halus

Hewan ruminanasia atau sering disebut juga hewan pemamah biak yaitu sekelompok hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mempunyai dua proses pencernaan makanan. Pertama dengan mengunyak makanan yang sudah dicerna di dalam perutnya kemudian di keluarkan lagi untuk di makan kembali pada proses pencernaan yang kedua. Hal ini memungkinkan hewan ruminanasia dapat mendaatkan sari-sari makanan yang dapat memberikan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ruminansia. Selai itu hewan ruminansia dibantu mikroorganisme dalam perutnya dalam proses pencernaan.

Pengeluaran kembalai makanan yang telah dicerna sebagian yang disebut cad. keluar dari rumen dan mengunyahnya untuk kedua kalinya disebut cudding. Hewan ruminansia memiliki lambung degan beberapa ruangan. Hewan ruminanasia termasuk dalam subordo Ruminansia dan ordonya adalah artiodaktil atau berkuku belah. Hewan ruminansia memiliki empat lambung, yaitu (rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Selain itu hewan ruminansia juga memamah makanan yang telah dicerna, maka dari itu hewan ruminansia juga disebut hewan pemamah biak. Contoh hewan ruminansia adalah sapi, domba, kambing dan rusa.

3.  Organ pencernaan pada ikan
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus  e. anus

4. Organ pencernaan pada katak dan reptilia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. kloaka

5. Organ pencernaan pada burung
 a. mulut  b. kerongkongan  c. tembolok  d. lambung  d. empedal  e. usus  f. kloaka

6. Organ pencernaan pada mamalia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. anus


1 komentar:

Dokumentasi

Dokumentasi
Dokumentasi Sekolah : Program Pemanggilan Profesi